Pesona Alam Sintang Tersembunyi - Air Terjun Tertinggi Di Indonesia ?

Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya, baik itu sumber daya alam, kebudayaan, kuliner dan tentunya Pesona Alam Indonesia menjadi suatu hal yang harus kita banggakan sebagai Warga Negara Indonesia.

Jika membahas perihal Pesona Alam Indonesia, tentu dari sabang sampai merauke memiliki aset alamnya masing-masing, tak terkecuali Kalimantan Barat.

Kalimantan Barat, Provinsi yang dijuluki sebagai pulau “seribu sungai” ini memang salah satu Provinsi yang terbesar ke 4 di Negeri Republik Indonesia, sehingga akan banyak sekali yang bisa ditemui dan dilihat dari Provinsi ini, salah satunya adalah Pesona Alam nya, baik itu Air Terjun, Riam, Bukit, dan Danau.

Namun seiring waktu berjalan Pesona Alam Kalbar tersebut seperti kehilangan penikmat atau memang sudah tidak populer, yang mungkin dikarenakan para pegiat Media yang kurang mempromosikannya atau terdapat perihal lain?

Padahal masih banyak pesona alam yang tersembunyi dan belum terdata secara sahih terkait dengan keindahan, keunikan dan fenomenal alam Kalimantan Barat.

Oleh sebab itu, artikel ini dibuat, agar dapat lebih mengenalkan Potensi dan Pesona Alam yang ada di Kalimantan Barat.
Air Terjun Nokan Nayan.
Sumber: banjarmasin.tribunnews.com
Pernah mendengar Air Terjun Nokan Nayan?
Pesona Alam Nokan Nayan juga tak kalah eksotis dengan beberapa air terjun terkenal yang ada di Indonesia, bahkan jika pihak pencatat rekor dunia melirik air terjun  Nokan Nayan ini, mungkin akan membuat Nokan Nayan masuk kedalam daftar air terjun tertinggi di Dunia.

Hal tersebut dikarenakan Air Terjun Nokan Nayan memiliki keunikan dari ketinggiannya yang mencapai 300-an M ( Via Kalimantan-news.com ).
Sumber: cezy.org
Berikut dibagikan list air terjun tertinggi di dunia, apakah air terkun Nokan Nayan dapat masuk ke deretan 10 besar atau tidak?
  1. Angel Falls = 979 M
  2. Tugela = 948 M
  3. Utigord = 800 M
  4. Monge = 774 M
  5. Mutarazi = 762 M
  6. Yosemite = 739 M
  7. Pierman = 715 M
  8. Espelands = 703 M
  9. Lower Mar Valley = 655 M
  10. Tyssestrengene = 647 M
Sumber Wikipedia


....

Ternyata Air terjun Nokan Nayan tidak termasuk di kategori 10 Air Terjun Tertinggi di Dunia, namun kabar baiknya Nokan Nayan masuk kedalam peringkat 33 sebagai Air Terjun tertinggi di Dunia, berikut screen shot buktinya.
Sumber data wikipedia.org
Dan jika dibandingkan dengan Air Terjun yang ada di Indonesia, ternyata Nokan Nayan termasuk air terjun tertinggi yang ke  1 alias yang pertama, berikut daftar air terjun di Indonesia, via Wikipedia:
  1. Nokan Nayan = 300 M
  2. Si Gura-gura = 250 M
  3. Madakaripa = 200 M
  4. Payakumbuh = 150 M
  5. Sipiso-piso = 120 M
  6. Jarakan = 115 M
  7. Sedudo = 105 M
  8. Curug Citambur = 100 M
  9. Moramo = 100 M
  10. Curup Tenang = 99 M
  11. Curug Cipendok = 92 M

Terakhir di update pada tanggal 1 Juni 2015 via Wikipedia.

....

Wah… jika dilihat dari daftar air terjun tertinggi di Indonesia tersebut, maka Air Terjun Nokan Nayan merupakan Air terjun tertinggi di Indonesia dan tertinggi ke 33 di Dunia.
Apakah informasi ini mengejutkan? Bagaimana ini bisa terjadi?
Ya.. semuanya kembali lagi dengan kurang terekspos nya Air terjun Nokan Nayan ini, ditambah Air Terjun Nokan Nayan memang terletak sangat jauh di Ujung Bumi Kalbar, tepatnya berada di Desa Deme, Kec Ambalau, Kab Sintang, Kalimantan Barat.

Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa akses dan rute yang dilewati sangatlah berat dan memakan waktu hingga berhari-hari.

....

Menurut penuturan Pak Alan yang pada saat itu menjabat sebagai Anggota DPRD Sintang (2014), menyebutkan bahwa untuk dapat sampai ke Air Terjun Nokan Nayan memang dapat dikatakan sulit dan banyak mengeluarkan Biaya, karena untuk bisa sampai ke Ambalau saja bisa menghabiskan waktu “kotor” selama 4 hari perjalanan dari Kota Sintang. (Sumber: http://www.kalimantan-news.com/berita.php?idb=27800 )

....

Sungguh pesona alam yang tergabung rapi dengan rintangan yang ada, sehingga hal tersebut membuat saya sangat termotivasi untuk segera menyambangi Air Terjun Nokan Nayan.

Namun karena telah diketahui untuk sampai ke lokasi harus memakan waktu berhari-hari dari Kota Sintang, maka saya yang berasal dari Kota Pontianak harus bisa mengeffisienkan waktu dengan baik untuk berkunjung ke sana, yaitu dengan menggunakan Pesawat Terbang untuk menuju Ke Kota Sintang.

Sehingga sangat berharap dengan mendapatkan Promo Tiket Pesawat yang murah.

Namun akan lebih baik lagi jika saya bisa mendapatkan Tiket Pesawat Gratis dari Airpaz.com.
 
Dan bila saya benar-benar mendapatkan tiket gratis tersebut, saya akan memilih maskapai penerbangan Kalstar, hal tersebut agar bisa mendapatkan penerbangan langsung antar lokal Pontianak – Sintang.

Jika saya sampai dengan penerbangan maskapai Kalstar, tentunya akan menghemat uang saku dan waktu perjalanan ketika akan menuju Air Terjun Nokan Nayan, dan biaya sisa perjalanan tersebut dapat saya alihkan ke pengeluaran lainnya, sehingga pengalaman Traveling menuju Nokan Nayan pun menjadi asik dan seru.
Guido Famula
Guido Famula Saya blogger asal pontianak, yang tertarik menulis pengalaman perjalanan. untuk saat ini pengalaman yang saya bagikan masih disekitaran hutan kalimantan barat. semoga bermanfaat

4 komentar untuk "Pesona Alam Sintang Tersembunyi - Air Terjun Tertinggi Di Indonesia ?"

  1. air terjunnya deras banget ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mbak deras banget..
      bayangkan aja,,, ketinggian mencapai 300an meter.
      Terima kasih sudah berkenan berkunjung :)

      Hapus
  2. Tulisannya menarik, terimakasih atas partisipasinya dalam lomba blog yang diadakan oleh Airpaz. Semoga menang dan dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. terima kasih mbak beatrix atas kunjungan.
      Amin. terima kasih doanya.
      Walaupun agak minder, tapi dari lubuk hati yang paling dalam, berharap juga untuk menang :) .
      Sukses selalu mbak (y) .

      Hapus

Diharapkan Berkomentar Dengan Kalimat Sopan, Tanpa Menyinggung Hal SARA, Pornografi, Serta Hal-hal Negatif Lainnya.