10 Ide - Cara Mendapatkan Uang di Internet Tanpa Modal

Salah satunya dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas
Ilustrasi Foto.
Sumber: unsplash.com/belart84
Sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa internet menjadi salah satu sumber utama untuk mencari pendapatan, tapi tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis online.

Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mendapatkan uang di internet yang minim modal bahkan tanpa harus mengeluarkan modal sekalipun.

Modal yang dimaksud mengesampingkan HP, biaya internet atau komputer/laptop.
Dalam artikel ini, akan di bahas mengenai 10 cara mendapatkan uang di internet tanpa modal. Cara-cara ini akan membantu kamu menghasilkan uang dengan relatif mudah, tanpa harus mengeluarkan banyak uang sebagai modal (dalam memulai).

  1. Menjual produk bekas di internet

    Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan uang di internet tanpa modal adalah dengan menjual produk bekas. Kamu dapat menjual produk bekas melalui e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee.
    Untuk memulai penjualan barang bekas pastikan kamu telah memiliki kemampuan untuk melakukan restock barang.
    Ilustrasi Foto.
    Sumber: unsplash.com/citrusboy
    Kamu juga dapat menjual produk bekas melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp.

    Untuk platform terbaru merujuk dari marketplace di atas, kamu bisa mencoba peruntungan dengan bergabung di aplikasi Carousel, karena di aplikasi ini memprioritaskan jual beli barang bekas terhadap para penggunanya.

    Dewasa ini Carousel juga melakukan penambahan beberapa fitur jual beli lainnya, seperti mendukung transaksi properti baru/bekas, mobil dan motor.

    Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan jual beli properti atau barang bekas di marketplace di tahun 2015 akhir, tentu kamu mengingat tokobagus atau yang sekarang sudah berubah nama menjadi olx.

    Jadi carousel ini secara garis besar mirip seperti platform olx.
  1. Menjadi penulis lepas

    Menjadi penulis lepas merupakan cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan uang di internet tanpa modal, kamu dapat menulis blog pribadi atau menulis artikel untuk situs web lain.
    Dari Hobi Menulis Menjadi Profesi
    Ilustrasi Foto.
    Sumber: unsplash.com/kaitlynbaker
    Sistem dari kepenulisan blog yang membuat kamu dapat menghasilkan uang, berasal dari beberapa iklan yang ditampilkan di blog sendiri atau dari bayaran menulis artikel untuk situs web lain.

    Referensi untuk bergabung sebagai penulis lepas atau freelance yang mendukung penuh Bahasa Indonesia, kamu dapat mendaftar akun di Sribu, Fastwork.

    Sedangkan untuk menjadi penulis artikel online terhadap pasar luar negeri, kamu bisa mendaftar di platform Fiverr, Upwork, atau Freelancer.
  1. Menjadi penerjemah online

    Jika kamu mahir dalam bahasa asing, kamu dapat mencoba menjadi penerjemah online, aktivitas atau jobdesc seperti menerjemahkan dokumen, artikel, atau teks lainnya dari satu bahasa ke bahasa lain.
    Mendapatkan Jasa Penerjemah Online yang Terpercaya dan Efisien
    Ilustrasi Foto.
    Sumber: unsplash.com/tranmautritam
    Kamu dapat menghasilkan uang dari bayaran per halaman atau per kata, sebagai penerjemah kamu juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi freelance, sebab hingga detik artikel ini dipublikasikan, profesi freelance sebagai penerjemah tidak pernah surut apalagi sampai kehabisan dari permintaan calon klien.

    Tunggu apalagi, segera persiapkan diri !
  1. Menjual foto atau video

    Jika kamu memiliki kemampuan fotografi atau videografi yang baik, kamu dapat menjual foto atau video di internet berdasarkan hasil tangkapan kamu sendiri/team.
    Menjual Foto dan Video Anda dengan Jasa Jual Foto & Video Profesional
    Ilustrasi Foto.
    Sumber: unsplash.com/camilacordeiro
    Kamu dapat menjual foto atau video tersebut di situs web seperti Shutterstock, iStockphoto, atau Pond5, sehingga kamu dapat menghasilkan uang dari setiap kali foto atau video yang diunduh atau digunakan pembeli/klien.
  1. Menjadi pengajar online

    Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, kamu dapat menjadi pengajar secara online, kamu dapat memulai melakukan hal tersebut di platform kelas online seperti Coursera, Udemy, atau Skillshare.
    Belajar Tanpa Batas dengan Pengajar Online yang Terpercaya
    Ilustrasi Foto.
    Sumber: unsplash.com/cwmonty
    Kamu dapat mengajar topik apa saja sesuai kemampuan atau skill keahlian, mulai dari bahasa asing, teknologi, hingga seni dan olahraga, kamu dapat menentukan harga sendiri untuk  pendaftaran kursus dan siap-siap untuk menghasilkan uang dari setiap siswa yang mendaftar.
  1. Menjadi pengisi suara (Voice Over)

    Jika kamu memiliki suara yang bagus dan memiliki ciri khas untuk membaca teks dengan jelas, kamu dapat menjadi pengisi suara yang dikenal sebagai voice over.

    Kamu dapat merekam suara sebagai narasi/skrip sebuah iklan, video tutorial, atau konten lainnya dan menghasilkan uang dari setiap proyek yang tuntas kamu kerjakan.
    Menambah Nilai produk dengan Jasa Pengisi Suara Voice Over Profesional
    Ilustrasi Foto.
    Sumber: unsplash.com/emmages
    Dalam hal ini kamu mesti membuat beberapa portfolio voice over tersebut untuk memikat calon klien agar memilih kamu untuk menjadi salah satu talent VO mereka.

    Perlu diketahui juga, voice over masih berkaitan dengan pekerjaan seperti dubbing dan pembawa acara/host, jadi semisal kamu menguasi keahlian voice over ini secara profesional, maka berkesempatan baik untuk mendapatkan tawaran job lainnya seperti dubbing, host atau penyiar radio/podcast.
  1. Menjadi virtual assistant

    Menjadi virtual assistant atau asisten online adalah cara lain untuk mendapatkan uang di internet tanpa modal, kamu dapat melakukan tugas-tugas administratif seperti mengetik, mengirim email, atau mengelola jadwal untuk perusahaan atau individu.
    Menambah Produktivitas dengan Jasa Asisten Online/Virtual yang Terpercaya
    Ilustrasi Foto.
    Sumber: unsplash.com/linkedinsalesnavigator
    Sehingga kamu dapat menghasilkan uang dari bayaran per jam atau per proyek dari menjadi virtual assistant ini.

    Bagaimana cara mendapatkan job ini?

    Mudah sekali, karena permintaan job banyak tersedia di platform freelance, baik lokal maupun untuk luar negeri, aktivitas kerjanya pun tidak diwajibkan datan ke kantor, melainkan dapat dikerjakan selama di rumah atau dimanapun asalkan kamu terkoneksi internet dengan baik.
  1. Menjual karya seni digital

    Jika kamu memiliki kemampuan dalam desain grafis atau seni digital, kamu dapat menjual karya seni tersebut di banyak platform web internet.
    Mendapatkan Karya Seni Digital yang Unik dan Menarik dengan Jasa Karya Seni Digital
    Ilustrasi Foto.
    Sumber: unsplash/fakurian
    Karya seni digital tersebut, dapat berupa desain daftar menu makanan, flyer, banner, stop motion

    Beberapa platform yang dapat menerima penjualan karya-karya seni tersebut, seperti Envato, Society6, Redbubble, atau Creative Market, kamu dapat menghasilkan uang dari setiap produk yang dijual dengan desain kamu sendiri.
  1. Menjual jasa desain grafis

    Jika kamu memiliki kemampuan dalam desain sebuah identitas brand untuk seputaran web, logo, animasi logo, giff, atau svg, kamu dapat menjual jasa desain grafis tersebut di internet.
    Menonjolkan Brand Anda dengan Jasa Desain Grafis Profesional
    Ilustrasi Foto.
    Sumber: unsplash.com/kellysikkema
    Kamu dapat menjual jasa desain grafis tersebut di situs web freelance seperti Upwork, Fiverr, atau 99designs, sehingga kamu dapat menghasilkan uang dari setiap proyek desain yang berhasil kamu selesaikan.

***

Semua cara diatas dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menambah pendapatan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Namun, untuk dapat berhasil dalam mendapatkan uang di internet tanpa modal, kamu perlu memiliki keterampilan yang baik dan juga memerlukan waktu yang relatif panjang dalam belajar serta mengembangkan keterampilan tersebut menjadi pengalaman yang disebut sebagai expert/ahli dibidangnya.

Selain itu, persaingan di dunia online cukup ketat, sehingga kamu perlu berusaha keras untuk dapat menonjol di antara para pesaing.

Tips pemula: jadilah ahli disalah satu bidang, kemudian jual pengalaman tersebut.
Keuntungan dari cara-cara diatas adalah kamu bebas dari biaya modal/promosi dan memiliki fleksibilitas waktu. Potensi pendapatan yang kamu dapatkan juga relatif lebih tinggi dari pada rata-rata UMR daerah Indonesia.

Kesimpulannya, internet memberikan kesempatan yang luas bagi siapa saja untuk mendapatkan uang tanpa modal. Namun, kamu perlu memiliki keterampilan yang baik dan juga memerlukan waktu yang cukup untuk belajar dan mengembangkan keterampilan, karena dunia internet berkembang begitu cepat.

Jangan ragu untuk mencoba berbagai cara maupun ide yang telah saya sampaikan di atas dan semoga sukses dalam menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Amin.

Guido Famula
Guido Famula Penulis blog yang sangat antusias tentang programming dan web development. Saya juga sangat menyukai perihal linux dan senang belajar tentang hal-hal baru dalam dunia teknologi

Posting Komentar untuk "10 Ide - Cara Mendapatkan Uang di Internet Tanpa Modal"